Skip to main content
S
Suasana Bersih-bersih Pantai Mahasiswa UNIB dan Komunitas Lindungi Hutan

Mahasiswa UNIB dan KLH Gelar Bersih-bersih Pantai

Bengkulu, TuntasOnline.Com  - Mahasiswa Universitas Bengkulu bekerja sama dengan Komunitas Lindungi Hutan (KLH) melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan Pantai Panjang dari keberadaan sampah. 

"Kegiatan ini bertujuan mahasiswa dapat lebih perduli dengan kebersihan Pantai Panjang yang berada di Provinsi Bengkulu," kata ketua panitia pantaiku bersih bersama Himatesa dan Himabio abaka (PASS-SIH) alex hadi prayitno disela-sela kegiatan bersih pantai di Bengkulu, Minggu. 

Terangnya, seperti yang kita ketahui bahwa pantai-pantai yang berada di Bengkulu banyak yang kurang diperdulikan oleh pihak Pemerintah seperti keberadaan sampah-sampah yang banyak berada disekitar pantai. 

Oleh sebab itu, ini salah satu awal kongkrit untuk peduli dengan sampah-sampah yang berada di pantai Panjang. 

Pihaknya perduli dengan kebersihan pantai di Bengkulu terutama Pantai Panjang yang kita kenal sebagai icon dari pariwisata di Provinsi Bengkulu. 

Untuk kedepannya, pihaknya akan melakukan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat tentang bagaimana memperdulikan sampah, bagaimana kita menjaga kebersihan dari wisata-wisata di Bengkulu. 

Jelasnya, pihaknya tidak hanya terfokus pada pembersihan sampah saja tapi juga akan melakukan penanaman mangrove atau tanaman pantai lainnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini semoga masyarakat bisa mengetahui bahwa membersihkan pantai dari sampah itu adalah hal yang baik untuk menjaga keindahan alam sekitar terutama tempat pariwisata. 

Untuk peserta yang mengikuti kegiatan ini ada dari komunitas-komunitas di luar organisasi kampus, ada juga himpunan mahasiswa Ilmu tanah fakultas Pertanian, ada dari Kesehatan Lingkungan dan lain-lain yang tidak berbatas dari mahasiswa fakultas MIPA. 

Disisi lain, komunitas Lindungihutan mengungkapkan bahwa kegiatan bersih-bersih pantai adalah kegiatan yang bagus apalagi yang melibatkan mahasiswa, pemuda serta komunitas. 

"diharapkan kegiatan seperti ini sering dilakukan dan melihat dinas Pariwisata dan kegiatan ini dapat mencakup segala kalangan seperti orang tua dan pemuda," ujar Adi Kuswanto perwakilan Komunitas Lindungihutan Bengkulu. 

Kegiatan bersih-bersih pantai didaerah pariwisata seperti pantai panjang ini kata dia, sangat bagus tapi juga perlu adanya kegiatan aksi konservatif. 

Seperti pemuda, masyarakat serta komunitas dapat melaksanakan kegiatan bersih pantai pariwisata serta bisa dilakukan di area konservatif seperti Pulau Baii. 

Selain itu, pihaknya dari komunitas lindungihutan sebagai platform dapat membuat kegiatan seperti ini melalui website www.lindungihutan.com. 

"Kebetulan untuk hari bumi kami melaksanakan kegiatan rawat bumi yang ada di Bengkulu, kebetulan komunitas lindungihutan Bengkulu melaksanakan itu dan ikut kegiatan tersebut pada 21 April nanti," tutupnya. 

Untuk diketahui peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 300 peserta yang terdiri dari komunitas-komunitas di luar organisasi kampus, ada juga himpunan mahasiswa Ilmu tanah fakultas Pertanian, Kesehatan Lingkungan dan lain-lain yang tidak berbatas dari mahasiswa fakultas MIPA.(**)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size