Skip to main content
T
Tampak Pedagang dan Syofyan Akmal Tampak Akrab

Blusukan ke Pasar, Syofyan Dengarkan Curhatan Pedagang

Bengkulu, TuntasOnline.Com - Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Kota Bengkulu dari Partai Nasional Demokrat (Demokrat) untuk daerah pemilihan (dapil) 3, Kecamatan Gading Cempaka, dan Singgaran Pati, Syofyan Akmal, menggelar kunjungan (Blusukan) ke Pasar pagi yang berlokasi pasar panorama, Kecamatan Singgaran Pati, Kota Bengkulu, Selasa (12/2019 ) pagi. Pada kesempatan itu, Pedagang curhat kepada Syofyan mengenai polemik di Pasar dan hal-hal terkait 

Dalam kegiatan itu, satu demi satu lapak pedagang disambangi Syofyan Akmal untuk mengenalkan dirinya kepada para pedagang dan pengunjung pasar. Syofyan saat itu pun sempat berkomunikasi dengan sejumlah pedagang, untuk menyerap aspirasi mereka.

Kegiatan Syofyan itu ditanggapi begitu antusias oleh pedagang, pembeli maupun masyarakat yang tengah berkunjung ke pasar tersebut. Terlihat dari banyaknya pedagang dan pengunjung pasar yang meminta berswafoto dengan Sofyan 

Sofyan mengaku, kegiatan blusukan ke pasar ini sengaja mereka lakukan untuk melihat lebih dekat kehidupan ekonomi warga Kota Bengkulu, serta problematika yang mereka hadapi.

“Hari ini kita sengaja melakukan kunjungan pasar untuk bersentuhan langsung dengan warga, pedagang dan pengelola pasar. Mendengarkan aspirasi dan harapan mereka kehidupan ekonomi yang lebih baik lagi,” tukasnya.

Sofyan juga menyebutkan, dari hasil dialog yang ia lakukan bersama para pedagang, diketahui bahwa persoalan para pedagang saat ini adalah terkait infrastruktur pasar maupun pembiayaan.

Untuk infrastruktur, Sofyan banyak menerima aspirasi tentang buruknya kualitas infrastruktur di luar maupun di areal dalam pasar yang berstatus sebagai pasar mandiri itu. Sementara untuk pembiayaan, para pedagang berharap Demokrat mampu jadi pelopor pembentukan koperasi pedagang di pasar tersebut.

“Tadi kita mendengar harapan dari para pedagang, yang meminta agar kita membantu mereka membentuk koperasi pedagang. Akan segera kita upayakan, agar pedagang segera bisa lepas dari cengkaraman rentenir,” sebut Syofyan 

 

Indra, salah seorang pedagang yang juga pengelola pasar mandiri itu, mengaku selama ini banyak pedagang yang terjerat dengan rentenir, lantaran tak memiliki modal usaha.

 

“Sekarang kita masih pinjam ke rentenir dengan bunga yang cukup tinggi. Di kisaran 10-15 persen lah. Dalam hal pinjam uang  dengan Kata Maka dari itu, kita hari ini berharap sekali Demokrat dapat membantu kita mengaktifkan koperasi pedagang di sini,” tukasnya.

Dalam kegiatan blusukan itu,Sofyan Akmal sempat berbincang - bincang dengan para pedagang, hingga menjelang hari siang, Syofyan Akmal kembali pulang tempat aktivitasnya. (ReTra)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size