Skip to main content
S
Suasana Rapat Paripurna DPRD Kabupaten PALI

Pemkab PALI Ajukan 8 Draft Raperda

PALI, TuntasOnline.Com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PALI bahas 8 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tahun 2019 yang secara langsung diajukan Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tersebut berlangsung di Gedung DPRD PALI komplek pertamina pendopo dengan dihadiri oleh 16 anggota dprd dari 25 dewan perwakilan rakyat daerah, Selasa (22 February 2019).

Dari 8 rancangan peraturan daerah yang diajukan Bupati PALI yaitu :

1. Rancangan peraturan daerah tentang penyelenggara perlindungan perempuan dan anak

2. Rancangan peraturan daerah penyelenggaraan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil

3. Rancangan peraturan daerah tentang pengangkatan dan pemberhetian perangkat desa

4. Rancangan peraturan daerah badan permusyawaratan desa

5. Rancangan peraturan daerah tentang rencana induk pembangunan pariwisata daerah kabupaten  penukal abab lematang ilir (PALI)

6. Rancangan peraturan daerah tentang peraturan daerah

7. Rancangan peraturan daerah tentang tarif pelayanan kesehatan kelas III pada rumah sakit umum talang ubi

8. Peraturan daerah tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 5 tahun 2016 tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 

Bupati PALI  Ir. H. Heri Amalindo, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa dasar penyusunan peraturan daerah berdasarkan undang-undang dan peraturan mentri dalam negeri.

"Pasal 18 ayat 6 undang-undang dasar 1945 dilanjutkan dengan undang-undang nomor 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan daerah serta UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah selain itu juga UU nomor 7 tahun 2013 tentang pembentukan kabupaten penukal abab lematang ilir dan peraturan menteri dalam negeri nomor 80 tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum daerah," kata Bupati PALI di Gedung DPRD komplek pertamina pendopo.

Tambahnya, kepada lembaga legislatif  kami ucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap Anggota Dewan Kabupaten PALI yang telah melaksanakan tugas dan fungsi yang telah ditetapkan.

"Kami ucapkan terimakasih kepada anggota dewan yang sebagai mana diamanatkan dalam peraturan undang -undang atas kerja keras dalam menjalani 3 fungsi dalam pembentukan peraturan daerah, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan " ucap Pejabat nomor 1 dihadapan 16 anggota dewan dan tamu undangan lainnya.

Dengan ini sebagai penutup semoga hubungan yang baik antara dewan dan Pemerintah Daerah yang didasari kemitraan menjadi sejajar sehinga dapat mewujudkan visi dan misi Kabupaten PALI Sumatera Selatan.

Ditempat yang sama Drs. H. Soemarjono, Ketua DPRD PALI sebelum membahas rancangan peraturan daerah terlebih dahulu memintak persetujuan kepada anggota dewan untuk dalam pembahasan Raperda.

"Kami sebagai pimpinan sidang disini kepada anggota dewan sebelum membahas 8 Raperda kami kembali menanyakan lagi apa kah raperda ini kita terima dan setuju untuk dibahas?" ujar Pimpinan Sidang Paripurna Dewan dan langsung dijawab setuju oleh 16 Dewan terhormat Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

Facebook comments

Adsense Google Auto Size