Skip to main content
kE
Kebakaran Melanda PTM Kota Bengkulu

PTM Kebakaran, Berikut Rincian Kerugian Jumlah Kios Terbakar dan Kronologisnya

Bengkulu, TuntasOnline.Com – Pada hari Jumat tanggal 14 Desember 2018 sekira pukul 10.00 Wib telah terjadi peristiwa Kebakaran Bangunan serta kios-kios PTM (Pasar Tradisional Modern) Pasar Minggu Jl. KZ Abidin 211 Kec. Ratu Samban Kota Bengkulu.

 

Menurut keterangan dari 2 saksi yang berhasil dihimpun, Kronologis kejadian bermula pada saat saksi 1 yang bernama Yusro (61) dan saksi 2 bernama Sri (35)  membuka kios toko pakaian di blok R lantai 2 PTM (Pasar Tradisional Modern) Pasar Minggu, saksi 1 mencium bau terbakar dan memberitahu saksi 2 ada bau terbakar, saksi 1 dan 2 mematikan skring listrik dan mencari asal bau terbakar, tiba-tiba keluar asap dari Toko Hendra Blok R jualan pakaian yang belum dibuka masih dalam keadaan tertutup.

 

Kemudian saksi 1 memberitahu pengelola PTM (Pasar Tradisional Modern) Pasar Minggu Yono beserta security PTM membuka paksa toko Hendra dan memadamkan api menggunakan racun api, namun api sudah menjalar besar keseluruhan kios Hendra tidak bisa di padamkan lagi menggunakan racun api, pengelola PTM menghubungi Damkar dan pihak Kepolisian, namun api makin membesar dan merembet ke stan-stan / kios yang ada di samping kanan dan kirinya, api juga menjalar ke seluruh stan di PTM (Pasar Tradisional Modern) Pasar Minggu bagian Lantai I.

 

Data kios / stan yang ada di PTM Pasar Minggu Kota Bengkulu yang diberikan oleh pihak pengelola PTM adalah sebagai berikut :

● Jumlah keseluruhan kios / stan Lantai dasar dan lantai I berjumlah = 881, dengan rincian sbb :

Jumlah keseluruhan kios / stan Lantai dasar (dagang Sembako & Fashion) sebanyak = 463

Jumlah keseluruhan kios / stan Lantai I (dagang Fashion) sebanyak = 418

 

Akibat kejadian kebakaran tersebut api membakar habis kios / stan yang berada di lantai I sebanyak 352 kios, dan sebagian api merambat kelantai dasar serta membakar lapak jualan daging berjumlah kurang lebih 100 lapak.

 

Diketahui identitas pengelola PTM Kota Bengkulu :

● Kepala Pengelola PTM  Zulkifli Ishak

● Kepala Pemasararan PTM Suyono.

 

Berikut informasi dan data lapangan yang berhasil dihimpun adalah sebagai berikut :

● Dugaan sementara api berasal dari konsleting arus listrik yang berasal dari dalam kios toko fashion milik Hendra Blok Q Lantai I,  saat api mulai menyala kios tersebut dalam keadaan belum dibuka oleh pemiliknya/ditinggal pemiliknya.

 

● Keterangan pihak pengelola PTM Kota Bengkulu , bahwa untuk gedung / bangunan PTM tersebut diasuransikan, sedangkan untuk kios-kios yang disewa oleh pedagang hanya sebagian yang diasuransikan oleh masing-masing pedagang.

 

● Unit Identifikasi Polres Bengkulu telah melakukan olah Tkp dan Personil Polda Bengkulu dan Polres Bengkulu dipimpin Kapolda Bengkulu melakukan pengamanan TKP dan penutupan arus lalin, dan proses pemadaman api dipadamkan dengan jumlah 15 unit mobil Damkar Kota Bengkulu, 2 Unit Damkar bantuan dari Kab. Seluma, 1 Damkar bantuan dari Kab. Benteng, 1 Unit Damkar Bandara Fatsoe serta 3 unit Water Cannon Dit Sabhara Polda Bengkulu/ Polres Bengkulu/ Sat Brimobda.

 

● Peristiwa kebakaran tersebut tidak terdapat korban jiwa dan kerugian materil dari para pedagang sekira 65 Milyar Rupiah, kerugian bangunan akibat kerusakan sekira 10 Milyar Rupiah, dan 4 unit sepeda motor milik pedagang rusak parah karena terbakar.

 

● Saat kejadian kebakaran PTM Kota Bengkulu secara langsung ditinjau oleh Gubernur Bengkulu, Kapolda Bengkulu dan Wakil Walikota Bengkulu guna mengetahui situasi terkini. (Sumber : Dinas PBK Kota Bengkulu/ARB)

ADS1

Facebook comments

Adsense Google Auto Size