Skip to main content
Ilustrasi
Ilustrasi Wilayah Kumuh

Pemkot Fokus Tuntaskan Wilayah Kumuh

Bengkulu, Tuntasonline.com – Semakin fokus tuntaskan wilayah kumuh, Pemerintah Kota bahkan Pemerintah Nasional berikan bantuan kepada setiap kelurahan yang dinilai masuk dalam kategori kumuh.


Hal ini disampaikan Matriyani Asisten II Sekretariat Daerah Kota Bengkulu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Walikota Bengkulu Nomor 63 tahun 2017. Dalam SK tersebut dikatakan total wilayah di Kota Bengkulu saat ini sekitar 961,59 Ha yang tersebar disembilan Kecamatan di Kota Bengkulu.

"Wilayah kumuh di Kota Bengkulu mengalami penurunan dan sekarang hanya sekitar 961,59 Ha wilayah kumuh di Kota Bengkulu berdasarkan lingkungan berdasarkan SK Walikota," kata Matriyani ketka diwawancarai, Rabu (05/12).

Daerah kumuh sendiri memiliki kategori dan kriteria tersendiri, yakni bangunan gedun, jalan lingkungan, persediaan air minum, drainase lingkungan, pengelolaan air limbah, pengelolaan sampah, pengaman kebakaran serta tersedianya ruang terbuka publik.

Melihat data yang tersedia di Lapangan, Pemerintah Kota Bengkulu menargetkan 9,3 Ha wilayah kumuh akan dituntaskan pada tahun ini. Sedangkan tahun 2019 nanti setiap kelurahan akan mendapatkan bantuan sebesar satu miliar rupiah. Diantara 49 kelurahan yang tersebar di 9 kecamatan, ada 13 kecamatan yang terpilih untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat menurut SK Nasional.

"Dijelaskan dalam SK Walikota bahwa dari 49 Kelurahan dinyatakan kumuh hanya ada 13 Kelurahan yang secara SK Nasional yang akan mendapatkan bantuan, untuk itu tahun depan SK Walikota menjelaskan bahwa akan ada sebanyak 49 kelurahan yang di seleksi serta mencari mana kelurahan yang paling berat pada penangan kumuhnya," tandasnya. (FRK)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size