Skip to main content
Foto Bersama
Foto Bersama

Rangkaian Kegiatan LKMO UKM KMK UNIB Berjalan Lancar

Bengkulu, TuntasOnline.Com - Unit kegiatan Mahasiswa  Kerohanian Mahasiswa Kristen Universitas Bengkulu (UKM KMK UNIB) menyelenggarakan Kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Organisasi (LKMO) di Balai Koperasi, Sawah Lebar, Kota Bengkulu pada Sabtu (20/10).

Kegiatan ini dibuka sekira pukul 08:00 WIB, serta Kegiatan ini juga ditujukan untuk melatih anggota UKM KMK UNIB tentang hal kepemimpinan dan bagaimana manajemen waktu dalam dunia perkulihaan dan organisasi serta meningkatkan nilai-nilai sosial dalam kehidupan bermasyarakat selama menjadi mahasiswa. 

“Shalom, Merdeka, merdeka merupakan Maklumat presiden pada tahun 1960 sebagai salam nasional. Lalu bahwa kita melaksanakan kegiatan ini bukan hanya sebagai program kerja atau formalitas belaka, namun Kegiatan ini mengangkat Thema Pemimpinan  Sejati Adalah Pelayan bahwa paradigma sekarang adalah bahwa pemimpin adalah orang yang harus dilayani dan enggan melayani, namun Pemimpin sejatinya harus menjadi pelayan yang siap dan sedia memberikan apa yang ada pada dirinya untuk khalayak ramai" ujar Yedija Manullang selaku ketua panitia pelaksana dalam sambutannya.


Yedija juga menambahkan jiwa kepemimpinan dan sosial perlu ditumbuhkan khususnya bagi mahasiswa karena dari jiwa tersebutlah tergenapilah figur-figur yang diharapkan bagi nusa dan bangsa. 


"Atau bahasa kasarnya dalam belanda adalah Leiden Is Lijden yang artinya memimpin harus menderita, namun saat ini di Organisasi manapun bahkan dalam negara ini sendiri saja masih sangat minim akan figur seperta itu, namun melalui LKMO ini kita sama-sama berharap supaya tergenapilah figur-figur yang kita harapkan Dan tentu kita pun harus lebih banyak belajar dari setiap mereka yang sudah lebih banyak pengetahuan dari diri kita. Maka UKM KMK UNIB melalui LKMO membuka ruang untuk lebih banyak belajar" imbuhnya.


Ketua Umum saudara Ebenezer Simanungkalit, menjelaskan bahwa LKMO ini akan sangat berbeda dari Pelatihan-pelatihan yang serupa karena materi-materi yang berbeda dari yang lain dengan penambahan yang sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa seperti Analisis Sosial. 


Kegiatan ini juga diisi oleh beberapa pemateri yang ahli dibidangnya yaitu 

  • Pdt. Made dengan Materi Karakter Kepemimpinan Kristen
  • Dickson Aritonang dengan materi Manajemen Organisasi
  • Alexander Silaban dengan Materi Retorika dan Tehnik Etika Persidangan
  • Dwita Simanjutak dengan materi Mekanisme Surat Menyurat
  • Reinal Sibarani materi Analis Sosial.

Usai pengisian materi-materi, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan turun ke lapangan ke kampung Nelayan dengan menggunakan Analisi SWOT sembari dengan dilaksanakan aksi sosial juga dengan berbagi baju layak pakai kepada anak anak pantai yang kurang mampu dan kegiatan ini ikuti oleh 20 orang peserta dan 17 orang pengurus UKM KMK UNIB.  


Selanjutnya dalam rangkaian LKMO dilanjutkan dengan analisis Sosial dan aksi sosial dilaksanakan sepanjang jalan Benteng, kebun Kelin, Teluk Segara. Dalam Analisis sosial ini dari 20 orang dibagi dalam 4 kelompok yang terdiri 5 orang dari setiap kelompok. Para kelompok menyebar kedalam beberapa rumah warga yang kebanyakan profesi nelayan dan para pedagang ikan disepanjang jalan. Dalam Ansos ini pun mencari tentang masalah-masalah yang ada dengan mengunakan SWOT (Strengths = Kekuatan, Weaknesses = kelemahan, Opportunities=Peluang, Threasts=Ancaman). 


Usai melaksanakan Ansos, rangkaian kegiatan LKMO ini dilanjutkan dengan kegiatan aksi sosial dengan memberi baju-baju layak pakai kepada beberapa warga yang ada disana terkhusus anak-anak. 


Bu Kadis salah satu warga disana menyambut positif kegiatan ini dan menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut.

“Saya sangat apresiasi kegiatan sosial seperti ini, sangat kreatif dan bernilai sosial yang tinggi, semoga ada kelanjutan dari setiap kegiatan seperti ini “ tandasnya.(ReTra)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size