Skip to main content
P
Penyerahan Pataka

Peserta Kirab Pemuda Lanjutkan Perjalanan

Bengkulu, tuntasonline.com – Pemerintah Kota Bengkulu dalam hal ini Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi resmi lepas peserta Kirab Pemuda 2018 menuju Provinsi Lampung yang beberapa waktu lalu singgah di Kota Bengkulu. Pelepasan peserta Kirab Pemuda ini dilakukan di Balai Kota Bengkulu, Rabu malam (10/10).

Peserta Kirab Pemuda 2018 mengakui bahwa sambutan masyarakat Kota Bengkulu sangat antusias dan menjadi pengalaman yang berharga bagi seluruh peserta Kirab.

Antusiasme masyarakat ini dirasakan ketika peserta Kirab 2018 melakukan pawai dari Simpang Lima Ratu Samban menuju Lapangan View Tower, senin lalu. Hal ini disampaikan Dian perwakilan peserta Kirab 2018 yang berasal dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Ia juga mengaku mengagumi keindahan dan keanekaragaman yang dimiliki Kota Bengkulu.

“Kami sudah melihat banyak keanekaragaman Bengkulu mulai dari Rumah Pengasingan Bung Karno sampai ke Pulau Tikus. Saya berharap dapat datang kembali ke Bengkulu setelah kegiatan ini, agar dapat mengeksplorasi lebih banyak alam Bumi Rafflesia,” tuturnya.

Perlu diketahui, peserta kirab ini berasal dari 34 Provinsi di Indonesia dan 10 Organisasi Kepemudaan (OKP). Mereka merupakan hasil seleksi dari 13.000 orang yang mendaftar secara online dan kemudian tersaring 1.300 orang, lalu dipilih 3 pasang pemuda dari masing-masing Provinsi. Hal ini disampaikan Kasubbid Perangkat Keras Teknologi Informasi asisten deputi peningkatan kreatifitas pemuda Kemenpora Faizal al-izlami.

“Ini merupakan lanjutan kirab yang dilaksanakan tahun lalu. Ini adalah tahun kedua kirab pemuda yang merupakan bentuk perhatian kami kepada pemuda Indonesia, agar pemuda dapat mengetahui keragaman Indonesia,“ terangnya.

Ada sesuatu yang baru dalam Kirab Pemuda tahun ini. Dimana pada Kirab Pemuda sebelumnya, Pemuda menempati hotek yang sudah disediakan sebagai tempat tinggak selama berkunjung ke setiap Provinsi. Sedangkan pada tahun ini, peserta Kirab menempati rumah oenduduk yang sudah disiapkan. Hal ini bertujuan agar peserta Kirab dapat mengetahui dan memahami budaya yang ada di daerah tersebut.

Dedy Wahyudi dalam sambutannya sebelum resmi melepas peserta kirab pemuda 2018 berharap agar pertemuan ini menjadi sejarah yang dapat selalu dikenang oleh pesertanya.

“Kehadiran pemuda-pemudi ini semoga menjadi inspirasi untuk pemuda Bengkulu, dan dapat mengambil nilai-nilai positif yang terkandung dikegiatan ini,” sampainya.

Acara diakhiri dengan penyerahan Pataka, dari Wakil Walikota Bengkulu kepada perwakilan kirab pemuda 2018 yang menandakan dilepasnya kirab pemuda untuk menuju Lampung.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, dan undangan lainnya. (MC/FRK)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size