Skip to main content
Tampakk Sawah Mengering
Tampak Sawah Mengering

Petani Bungin Rugi Besar Akibat Kurang Perhatian Dinas Pertanian

Karawang, TuntasOnline.com - Musim kemarau yang panjang hingga dapat dirasakan para petani di lingkungan Desa Tanjungmekar Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang, sehingga para petani pada menjerit harus menanggung kerugian sangat besar, akibat sawah garapannya yang telah ditanami padi kekeringan, Jum'at (14/09/18).

Hasil pantauan Wartawan TuntasOnline.com, Jum'at (14/09/18), air yang dibutuhkan oleh para petani untuk mengairi pesawahannya yang sudah ditanam padi, dari saluran sekunder maupun saluran tersier tidak ada air untuk dapat di manfaatkan, karena saluran tersebut nampak kering tidak ada air untuk dapat disalurkan ke pesawahannya.

"Dengan tidak adanya air yang dapat digunakan untuk mengairi pesawahan yang telah ditanami padi, sehingga para petani di Dusun Bungin Desa Tanjungmekar, mengalami gagal panen akibat kekeringan. Hal tersebut diduga minimnya penanggulangan dari dinas instansi terkait.

Menurut salah seorang petani yang mempunyai sawah garapan dilanda kekeringan di lingkungan Desa Tanjungmekar Kecamatan Pakisjaya, Soleh (48) mengatakan bahwa dirinya sangat kecewa kepada Dinas Instansi terkait, instansi terkait sepertinya kurang peduli terhadap para petani wilayah Pakisjaya.

"Pada saat ini para petani sangat membutuhkan penangulangan dari Instansi terkait terutama Dinas Pertanian Karawang, karena akibat tidak ada pasokan air untuk mengairi sawah yang telah ditanami padi, sehingga para petani alami gagal panen dan harus menanggung kerugian lebih besar,"keluhnya waktu ditemui Wartawan TuntasOnline.com, Jum'at (14/09/18).

Selain itu, Soleh, mengharapkan kepada Pemerintah agar ambil tindakan secepatnya untuk adanya penyelamatan terhadap para petani di lingkungan Pakisjaya, pesawahannya yang telah ditanami padi karena dilanda kekeringan agar bebannya tidak terlalu berat," pungkasnya.(Sule)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size