Skip to main content
Suasana Penanaman Padi dengan Sistem Jajar Legowo
Suasana Penanaman Padi dengan Sistem Jajar Legowo

TNI Bantu Petani Tanam Padi Dengan Sistem Jajar Legowo

KARO, TuntasOnline.Com - Babinsa Koramil 05 Payung atau Kodim 0205/TK Sertu Sudyono membantu petani melaksanakan tanam padi dengan pola jajar legowo di Kelompok Tani Lau Paya Desa Batu Karang, Kecamatan Payung selebar 5 Hektar  Rabu (12/09/18).

Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara dan Danramil 05 Kapten ARH E Perangin angin melalui Babinsa Sertu Sudyono mengatakan, Petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan pola jajar legowo dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen. 

"Pada program ketahanan pangan di wilayah Karo, Babinsa melakukan tugas pendampingan dan membantu Petani untuk bersinergi mensukseskan program Pemerintah Pusat mengenai ketahanan pangan,” tuturnya.

Masih menurutnya, tidak semua Petani memahami dan setuju terhadap penanaman dengan pola jajar legowo, tetapi berdasarkan teori ahli, pola tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen perhektarnya.

Kepala desa Batukarang kecamatan Payung Roin Andreas Bangun menyambut baik penanaman padi dengan sistem jajar legowo.

"Saya menyambut baik sistem jajar legowo untuk meningkatkan produktifitas hasil tanaman padi dikampung nya, untuk Itu saya mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak TNI dalam pendampingan penanaman jajar legowo" ujar Roin.

Sementara Bangun, salah seorang Petani yang lahannya dijadikan lokasi pendampingan menyampaikan terima kasih adanya peran serta anggota TNI dalam pendampingan tanam padi.

"Dengan adanya keterlibatan TNI melalui Babinsa tentunya memberikan motivasi tersendiri bagi para petani,” ucapnya.

"saya berharap pendampingan Babinsa dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan,” tutup Bangun.(Tarigan)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size