Skip to main content
Suasana Persidangan
Suasana Persidangan

KPU Provinsi Bengkulu Dinyatakan Tidak Bersalah

Bengkulu, TuntasOnline.Com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu bebas dari tuntutan yang dilayangkan Firdaus Djailani terkait pelanggaran administrasi usai dilakukan sidang putusan oleh Majelis sidang Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU), Rabu(12/9).

Diketahui, beberapa waktu lalu Firdaus Djailani, salah seorang Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi Bengkulu daerah pemilihan (dapil) Kepahiang yang diusung Partai Demokrat, melaporkan KPU Provinsi Bengkulu terkait surat yang dilayangkan oleh KPU kepada Pengurus Partai Demokrat Agustus lalu. Surat tersebut  menyatakan, agar Partai Demokrat mengganti Bacaleg yang diusung, yakni atas nama Firdaus Djailani dikarenakan berstatus Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"Terlapor (KPU Provinsi-red) tidak terbukti melakukan pelanggaran administrasi Pemilihan Umum sebagaimana laporan pelapor (Firdaus Djailani-red)," papar Majelis ketika membacakan hasil putusan sidang di Ruang Sidang Kantor Bawaslu Provinsi Bengkulu.

Putusan tersebut tentu menjadi angin segar bagi KPU Provinsi Bengkulu dalam melanjutkan proses menuju Pemilu yang akan dilakukan 2019 mendatang. 

"Alhamdulillah ya, Bawaslu telah membuat keputusan, ya artinya bahwa proses ini sudah sangat jelas untuk langkah-langkah berikutnya, termasuk langkah-langkah kami sebagai Penyelenggara Pemilu, jadi artinya sengketa administrasi ini sudah diputus oleh sesuai dengan apa yang kita saksikan tadi," kata Eko Sugianto, Komisioner KPU Provinsi Bengkulu ketika diwawancarai usai sidang.

Kendati laporannya dinyatakan tidak terbukti, Firdaus Djailani menerima hasil putusan tersebut dengan lapang dada dan akan memikirkan langkah lanjutan setelah sidang ini.

"Kita menghargai semua keputusan Bawaslu, itu kan kita dengan sidang ini sebetulnya sakral, jadi untuk sementara ini saya kira ya semuanya sudah kita lihat, putusan tadi bahwa saya sebagai pelapor, KPU sebagai terlapor, terlapor ternyata tidak bersalah, ya kita apapun keputusan Bawaslu kita hargai. Upaya lanjutan ya kita masih fikir-fikir dulu ya, seperti apa nanti kan," tutup Firdaus.(FRK)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size