Skip to main content
Ilustrasi
Ilustrasi

63 LSM dan Ormas yang Terdata, Ini Penjelasan Kesbangpol

Bengkulu, TuntasOnline.Com – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) merupakan organisasi yang memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat selaku makhluk sosial. Namun di Provinsi Bengkulu ada 63 LSM dan ORMAS yang terdata di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bengkulu.

Dilansir dari Google perbedaan LSM dan ORMAS adalah pada substansinya. Bila ORMAS, berbasis massa, baik di bawah partai politik maupun independen. Sedangkan LSM berbasis pada kegiatan yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Dalam penjelasannya saat ditemui di Ruang Kerjanya pada Senin Siang (03/08) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bengkulu melalui Kepala Bidang Komunikasi Politik dan Kemasyarakatan, Deva Agustha menjelaskan bahwa terdaftarnya atau tidaknya LSM dan Ormas pada Kemenkumham dan Kesbangpol itu tidak wajib.

Namun jikalau suatu LSM atau Ormas terdaftar di Kemenkumham dan terdata di Kesbangpol akan mendapatkan suatu kelebihan tersendiri.

“Sesuai UU Pendirian Ormas ini tidak dipermasalahkan terdaftar atau tidaknya di Kemenkumham dan Kesbangpol, artinya tidak diwajibkan. Sebenarnya dulu diwajibkan dalam UU pada salah satu pasal namun digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) dari MK pasal itu dianulir, dengan catatan mereka tidak melakukan tindakan, gerakan dan aktivitas yang bertentangan dengan aturan” jelasnya.

“Kalau suatu Ormas dan LSM terdaftar di Kemenkumham, keuntungannya dia (LSM/Ormas, Red) bisa menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah atau Pusat, mendapat bantuan atau fasilitasi, kalau dia sudah terdaftar berarti dia jelas dan diakui” lanjutnya.

Deva Agustha menambahkan jikalau sudah terdaftar di Kemenkumham, LSM atau Ormas lebih mudah jikalau ingin terdata di Kesbangpol.

”Di daerah yang sudah terdaftar di Kemenkumham, kita akan memberikan pemberitahuan dan kita meminta mereka melengkapi persyaratan seperti nama LSM/Ormas, pengurus, alamat kantor itu gunanya untuk kita enak binanya” tambahnya.

“Kalau nanti melakukan aktivitas LSM dan Ormas yang tidak terdaftar melakukan penyimpangan dan melawan hukum itu ranah kepolisian, dan kalau terdaftar kita setidaknya kita tahu dan kita mudah mengawasi dan membina” tukasnya.(ReTra)

Berikut data lengkap LSM dan Ormas yang terdata di Kesbangpol Provinsi Bengkulu :

1

2

3

4

d

d

d

d

d

 

Facebook comments

Adsense Google Auto Size