Skip to main content
Tampak Spanduk Terpasang
Tampak Spanduk Terpasang

Pengamat Politik Menilai Spanduk Khilafah Dirancang Untuk Memecah-belah

Bengkulu, tuntasonline.com - Munculnya spanduk bertuliskan "Bersama Tegakkan Khilafah" beberapa waktu lalu, pakar politik Azhar Marwan angkat bicara.

Azhar Marwan duga penyebaran spanduk "Bersama Tegakkan Khilafah" dilakukan oleh kelompok terorganisir dan dirancang secara matang. Dugaan tersebut bukan tak berdasar, Azhar menilai lokasi pemasangan spanduk yang amat strategis merupakan rencana yang sudah dipelajari secara matang. Mengingat lokasi tersebut merupakan lokasi yang ramai dilalui pengendara.

"Penyebaran spanduk ini pasti dilakukan oleh kelompok terorganisir, artinya dirancang, didesain dan direncanakan secara matang. Termasuk pemasangan pada titik tertentu, seperti kawasan sawah lebar dan pantai panjang. Karena dianggap strategis, banyak dilewati dan dilihat publik," ujar Azhar ketika diwawancarai tuntasonline.com pada Sabtu(1/9).

Azhar juga menambahkan bahwasanya pemasangan spanduk tersebut merupakan propaganda abu-abu yang bermaksud mengadu domba berbagai pihak dan memecah belah persatuan. Oleh karena itu, pelaku pemasangan spanduk tersebut harus segera ditangkap sehingga diketahui apa motif pemasangan spanduk tersebut.

"Propaganda seperti ini sangat berbahaya, bisa menjadi adu domba serta memecahbelah persatuan. Tujuannya bisa nyata dan bisa juga ada tujuan terselubung. Seakan mendukung, padahal bermusuhan. Dalam teori ilmu propaganda kegiatan ini termasuk tipologi propaganda abu-abu, yaitu seakan bersahabat padahal bermusuhan. Hal ini berbahaya, oleh karena itu untuk mengetahui motifnya, para penyebar spanduk ini harus segera ditemukan," tambahnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Bengkulu AKP Indramawan mengatakan pihaknya sedang melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut untuk mengetahui motif dari tindakan tersebut.

“Tetap kita lakukan penyelidikan terlebih dahulu, kan belum tau siapa yang masang," kata AKP Indramawan.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu publik kota Bengkulu dihebohkan dengan spanduk bertuliskan "Bersama Tegakkan Sistem Khilafah JAD Provinsi Bengkulu", hingga saat ini belum diketahui pasti apa motif pelaku memasang spanduk tersebut. Spanduk itu sendiri terpasang di lokasi yang yang strategis dilewati masyarakat yakni dikawasan Sawah Lebar dan Pantai Panjang. Kendati demikian, saat ini spanduk tersebut sudah diamankan oleh pihak kepolisian menghindari perpecahan dan provokasi antar masyarakat.(FRK)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size