Skip to main content
Tampak Pihak Polda Bengkulu Mengamankan Kabid Bina Marga dan 4 Lainnya
Tampak Pihak Polda Bengkulu Mengamankan Kabid Bina Marga dan 4 lainnya

Kabid Bina Marga PUPR Provinsi dan 4 Lainnya Diamankan Polda Bengkulu

Bengkulu, TuntasOnline.Com - Dinilai telah merugikan negara 1,7 Miliar dalam serah terima pekerjaan/Provisional Hand Over (PHO) Plt. Kabid Bina Marga PU Provinsi Bengkulu dan 4 rekannya JH, JP, NA dan JM ditahan Ditreskrimsus Polda Bengkulu (06/08).

Kapolda Bengkulu melalui Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Bengkulu AKBP Andi Arisandi menjelaskan tim PHO menandatangi berita acara serah terima pekerjaan pada 10 desember 2015 sebelumnya, namun kenyataannya pekerjaan belum selesai masih ada pengiriman aspal hingga tahun 2017 tepatnya 26 hingga 29 Desember.

“Pada saat PHO ditandatangani selesai 100 persen, ternyata setelah waktu PHO ditandatangani masih ada pengiriman aspal terhadap pekerjaan itu. Kami dapatkan dokumennya hingga kami pertanyakan pengerjaan tim PHO ini seperti apa” jelasnya didampingi Kabid Humas Polda Bengkulu AKBP Sudarno. 

Proyek yang menjerat 4 PNS/ASN dan satu Pensiunan ini ialah pembangunan jalan dari Tugu Hiu hingga simpang Kroya Bengkulu Tengah. Dari hasil pemeriksaan 17 saksi dan 3 saksi ahli menyatakan bahwa dokumen yang ditandatangani ke 5 PHO ini akal-akalan untuk membantu kontraktor mencairkan dana 100 persen dari proyek tersebut.

Karena menerima pekerjaan yang belum selesai, mereka dianggap salah satu penyebab kerugian negara hingga 1,7 M yang sebelumnya sudah ada pengembalian 1,2 M dari tiga tersangka yang saat ini sudah ditetapkan terdakwa dari proyek yang memakan anggaran 7,4 miliar rupiah.(ReTra/SNN)

Facebook comments

Berita Terkait

Adsense Google Auto Size