Skip to main content
Tampak Paslon ESD-AZA Memaparkan Program
Tampak Paslon ESD-AZA Memaparkan Program

Tekan Kemiskinan dengan Program RT Mandiri

Bengkulu, Tuntasonline.com - Tuntaskan masalah kemiskinan, ESD-AZA akan giatkan Program RT mandiri dan lakukan pembangunan dari pinggir.Dalam gelaran Debat Kandidat Rabu(9/5) malam.

Erna Sari Dewi (ESD) dan Ahmad Zarkasih (AZA) mengatakan 10 Program unggulan mereka didasari rasa prihatin akan tingkat kemiskinan di Kota Bengkulu. Dengan tingkat kemiskinan yang masih tergolong tinggi, ESD-AZA kembali promosikan program unggulannya yakni Program RT Mandiri. ESD juga akan mengubah basis pembangunan yang sebelumnya berbasis sektoral nantinya berbasis wilayah. 

"10 program unggulan kami ini berbasis keprihatinan kepada kota Bengkulu yang masih dengan Angka kemiskinan yang sangat tinggi 19,18% kantung-kantung kemiskinan terbesar ada di kecamatan selebar 17544 yang kedua ada di Kecamatan Kampung Melayu 13254 itu yang pertama sehingga kami memiliki program RT Mandiri karena kami ingin mengajak peran serta masyarakat bersama-sama membangun kalau yang tadinya basis pembangunan berdasar basis-basis sektoral kami bagi-bagi pembangunan dari basis wilayah sebagaimana dengan program nasional yaitu membangun dari pinggiran menguatkan daerah desa dan kelurahan yang ada," ucap ESD.

Dana yang akan diberikan kepada setiap RT dalam program RT Mandiri ini yakni Rp 100 - 300 juta. Dana tersebut diperuntukkan untuk Infrastruktur, Jalan lingkungan, dan drainase. Dana ini juga digunakan untuk membangun kemabdirian ekonomi masyarakat. 

"Program RT Mandiri dari 100 sampai 300 juta ini komposisinya adalah membangun infrastruktur, jalan lingkungan dan drainase 20% nya untuk meningkatkan kemandirian ekonomi sebagai sinergitas terhadap pembangunan nasional, provinsi dan kota yaitu dengan 10.000 wirausaha baru yang akan tercipta nantinya dan akan mendirikan 1.317 badan usaha milik RT yang ada di RT sehingga masyarakat bisa Simpan Pinjam di sana," tambah ESD.

Dalam penyampaiannya, ESD-AZA mengatakan akan mendiri 1317 badan usaha milik RT. Selain program RT Mandiri ESD juga memperkenalkan Kartu ESD-AZA peduli. Kartu ESD-AZA peduli ini memuat program-program pemerintah yang dipastikan terjalankan apabila ESD-AZA terpilih.

"Kami juga punya program kartu ESD-AZA peduli ini kartu ESD-AZA peduli memuat beberapa program pemerintah yang kami pastikan dapat diterima oleh Rakyat. Contoh 1000 beasiswa dan juga asuransi kesehatan universal akan tercantum dalam kartu ini. Inilah komitmen kami dalam melaksanakan 10 program prioritas yang akan menuntaskan masalah masalah kesejahteraan," pungkasnya.(CW4)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size