Skip to main content
Tampak Benteng Marlborough terlihat dari atas
Tampak Benteng Marlborough terlihat dari atas

Bengkulu Sejuta Pesona,Benteng Marlborough Peninggalan Inggris Berdiri Kokoh

Bengkulu, Tuntasonline.com - Bengkulu memiliki benteng bersejarah peninggalan Inggris. Benteng Marlborough ini merupakan salah satu warisan peninggalan jaman kolonial Inggris di Kota Bengkulu. Benteng ini sendiri dibangun oleh pemerintahan Inggris sekitar Tahun 1713 hingga Tahun 1719,meski dimakan usia Benteng ini pun Berdiri Kokoh.

Nama benteng ini diambil dari salah satu nama pahlawan besar Inggris yaitu John Churchill Duke of Marlborough I. Benteng ini dulunya merupakan bangunan pusat pemerintahan Inggris di Provinsi Bengkulu. Benteng ini digunakan oleh Pemerintah Inggris selama lebih dari 140 Tahun. Benteng ini kabarnya digunakan sebagai pusat strategis Kolonial Inggris di bidang politik, ekonomi, budaya, sosial, ideologi, pertahanan, dan juga keamanan. Hingga saat ini, Benteng Marlborough masih berdiri dengan kokoh, meskipun telah berumur lebih dari 140 Tahun.

Pasca kemerdekaan, bangunan ini beralih fungsi menjadi salah satu objek wisata andalan kota Bengkulu. Benteng Marlborough tergolong sebagai destinasi wisata sejarah di Kota Bengkulu. Di lokasi benteng ini, anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi sejarah tentang kolonial Inggris di Indonesia. Di benteng ini, Anda akan disajikan berbagai macam dokumen-dokumen penting semasa pemerintahan kolonial Inggris. Salah satu dokumen yang cukup fenomenal adalah dokumen Sumatera Factory Record (SFR). Dokumen ini kabarnya merupakan dokumen rahasia yang berisi catatan – catatan pemerintah kolonial Inggris mengenai sumber daya yang ada di Pulau Sumatera. ​

Lokasi Benteng Marlborough tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu. Untuk mencapai lokasi wisata budaya yang satu ini anda hanya memerlukan perjalanan selama tidak lebih dari 1 jam perjalanan. Untuk bisa berada di lokasi benteng ini, anda dapat memanfaatkan berbagai macam transportasi umum maupun pribadi yang tersedia di pusat Kota Bengkulu. 

Lokasi Benteng ini pada jaman Kolonial Inggris sengaja dibuat di pusat kota dan dekat dengan daerah pantai. Hal ini dikarenakan, pada kala itu, benteng ini merupakan pusat pemerintahan di Kota Bengkulu sehingga memerlukan akses transportasi yang mudah dan juga cepat ke daerah perairan ataupun pantai. 

Untuk anda yang berasal dari luar Kota Bengkulu, anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah penginapan. Tidak jauh dari lokasi tempat wisata sejarah ini, banyak hotel dan penginapan yang tersedia. Harga yang ditawarkan untuk menginap satu malam di dekat lokasi wisata ini juga terbilang terjangkau dan bervariatif tergantung dengan fasilitas dan ukuran kamar yang dipesan. Kebanyakan hotel di sekitaran lokasi wisata budaya ini terletak di pinggiran pantai. Oleh karena itu, ketika anda menginap di hotel di sekitaran benteng ini, Anda akan disajikan dengan pemandangan ombak pantai yang sangat memukau. 

Tidak hanya mudah dalam hal fasilitas dan Akomodasi penginapan, di lokasi benteng ini, fasilitas transportasi juga sangat mudah untuk ditemukan. Ada banyak kendaraan umum yang melintasi lokasi objek wisata sejarah ini. Hal ini tentunya sangat memudahkan para wisatawan yang mengunjunginya.

Benteng Marlborough masih satu lokasi dengan kawasan wisata Pantai Tapak Paderi yang juga ada di Kota Bengkulu. Jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, Anda hanya membutuhkan waktu perjalanan tidak lebih dari 20 menit dengan berjalan kaki. Para pengunjung Benteng Marlborough biasanya juga mengunjungi wisata alam Pantai Tapak Bahari. Kemudahan akses disertai dengan lengkapnya fasilitas wisata menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari objek wisata di Kota Bengkulu ini. 

Objek wisata sejarah ini di buka setiap hari mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Menurut Rizal salah seorang petugas pelayanan Benteng Marlborough ini setiap harinya dikunjungi sekitar 30 orang, kecuali Sabtu dan Minggu.

”Benteng ini biasa dikunjungi sekitar 20-30 orang per harinya, tapi kalau hari sabtu dan minggu pengunjung meningkat 2 kali lipat dari hari biasa,” ucapnya.(Kontributor: Oqi Tanzi Ghazali)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size