Skip to main content
Pilwalkot Bengkulu
Pilwalkot Bengkulu

Pasangan Calon Wali Kota Bengkulu Hampir Final

Pesta Demokrasi Pemilihan Wali Kota Bengkulu tahun 2018 tak lama lagi terselengara. Sudah dipastikan beberapa Calon yang sudah mendapat dukungan partai.

Baru-baru ini keluarlah Rekomendasi dari berbagai partai yakni partai Hanura,Golkar, PDI  merujuk ke pasangan Linda-Mirza,Grindra ke pasangan Helmi-Dedi, Demokrat Jon pasar kambing.

Menurut Perundang-undangan PKPU Tahun 2017 bahwa calon wali kota yang bakal maju dalam Pilwalkot harus memenuhi 20% dari jumlah Kursi yang ada di DPRD Kota Bengkulu. Jadi kalau berdasarkan aturan tersebut pasangan calon harus memiliki jumlah Kursi masing-masing 7 Kursi,Ujar ketua KPU Kota Bengkulu Darlinsyah, S.Pd.,M.Si.

Lanjut Ketua KPU Kota Bengkulu Menambahkan Sedangkan Dari 12 partai politik peserta pemilu, rincian perolehan suara untuk masing-masing parpol meliputi Nasional Demokrat (NasDem) 5 kursi, Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 5 Kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 4 kursi, sementara Partai Amanat Nasional (PAN) juga berhasil memperoleh 4 kursi.

Untuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebanyak 3 kursi, Golongan Karya (Golkar) 3 kursi, Demokrat 3 kursi, begitu pula dengan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang juga berhasil meraih 3 kursi. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 2 kursi, Partai Bulan Bintang (PBB) 1 kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 1 kursi, serta Partai Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang mndapatkan 1 kursi,ujar Ketua KPU.

Dari jumlah kursi tersebut sudah dipastikan pasangan Patriana Sosialinda – Mirza mengumpulkan Jumlah Kursi sebanyak 7 Kursi ( Golkar 3 Kursi,Hanura 3 Kursi dan PDIP 1 Kursi) artinya pasangan Linda-Mirza sudah bisa maju dalam pertarungan Pilwalkot mendatang.

Sedangkan Petahana Helmi Hasan yang digadang-gadang bakal perpasangan dengan Dedi Wahyudi memiliki Kursi 9 Kursi ( Gerindra 5 Kursi dan PAN 4 Kursi) akan tetapi ini belum Final dikarenakan PAN masih berpedoman dengan Konvensi Rakyat,serta ada kemungkinan Partai PKS bakalan bergabung dengan Koalisi tersebut maka dari jumlah kursi bertambah dari sembilan menjadi 13 kursi.

Partai yang belum menentukan arahnya yakni Nasdem,PKB,PPP,PKPI akan tetapi Demokrat sudah menunjuk Jon Pasar kambing tapi belum memiliki pasangan dengan siapa ?, apa bila Demokrat berkoalisi dengan Nasdem artinya partai ini memiliki jumlah kursi 8, maka sisa partai yang belum menentukan sikap yakni PPP,PKB,PBB,PKPI apa bila berkoalisi maka bisa mengusung pasangan calon akan tetapi apabila salah satu partai ini keluar dari kolisi tersebut maka ketiga partai hanya bisa menjadi penonton pada Pilwalkot mendatang.

Dengan begitu Total pasangan Calon Wali Kota bengkulu tahun 2018 berjumlah 6 Pasangan Calon ( 4 Pasangan calon dari Parpol serta 1 pasangan calon dari jalur Independen )

Hasil terbaru ada lembaga survei mengatakan bahwa masyarakat bengkulu menginginkan Wali Kota Baru, Apakah iya hasil survei ini Nyata ?

Semoga nantinya siapapun yang bakal maju dapat menunjukan Demokrasi yang baik tanpa ada Black Campeang (Kampanye Hitam), dan diharapkan masyarakat tidak terpengaruh dengan Money Politik yang akan diberikan oleh pasangan calon.

Maka bagi masyarakat pilihlah Pemimpin yang memang benar-benar mau bekerja untuk rakyat serta dapat membawa kemajuan buat Kota Bengkulu.

 

 

Facebook comments

Adsense Google Auto Size