Skip to main content
Camat Rengasdengklok, Asep Wahyu Suherman, Rabu (13/12) Secara Simbolis Meresmikan Usaha Ayam Pedaging
Camat Rengasdengklok, Asep Wahyu Suherman, Rabu (13/12) Secara Simbolis Meresmikan Usaha Ayam Pedaging

BUMDes: Desa Kalangsurya Kembangkan Usaha Budidaya Ayam Pedaging

Karawang, Tuntasonline.com – Dalam rangka pengembangan usaha kerakyatan yang digaungkan pemerintah pusat, Desa Kalangsurya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Surya Mandiri resmikan usaha budidaya ayam pedaging seabagi salah satu usaha produktif Desa, Rabu (13/12).

Diungkapkan Kades Kalangsurya H. Lili Suherman, dipilihanya usaha Ayam Pedaging ini tidak lepas atas pertimbangan bersama antara pengurus BUMDes dengan perangkat Desa, sehingga pihaknya meyakini jika dalam waktu dekat akan segera dapat terlaksana,

 “ Insya Allah dalam dua minggu kedepan usaha budidaya ayam pedaging ini akan segera dilaksanakan,” terang Kades.

Lanjut kades, secara pengelolaan usaha, pemerintah sudah menyerahkan sepenuhnya ke pengelola BUMDes, akan tetapi secara pengawasan tentu pihak Desa akan terus memberikan pengawasan dan arahan supaya Usaha Bersama ini dapat berjalan maksimal, terang Kades.

Terpisah, Direktur BumDes Surya Mandiri Adelina Iriani mengatakan, dipilihnya budidaya ayam pedaging tersebut karena memiliki potensi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD).

“ Setelah melalui rapat dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan, akhirnya kami memutuskan usaha ini, semoga kedepannya usaha ini maju dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pada umumnya," katanya.

Adelina juga mengatakan usaha budidaya ayam pedaging memiliki kelebihan dengan peluang keuntungan yang lebih besar.

Tambah Adelina, pihak pengelola BUMDes juga  membangun Satu kandang ayam dengan kapasitas Empat Ribu ekor anak ayam, sehingga dengan pola pembibitan yang tidak setara, dapat di lakukan panen setiap bulan penjualan.

“ Untuk menghindari adanya kerugian usaha, tim kami sudah melakukan pelatihan dan study banding ke pengusaha ayam pedaging, jadi tinggal pelaksanaannya saja, dan tak lupa kami juga mengahrapkan dukungan semua pihak untuk kemajuan BumDes kami," tambahnya.

Semengtara itu, Dede Nugroho pendamping Kecamatan Rengasdengklok mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BUMDes Surya Mandiri, dari 9 desa yang ada di kecamatan Rengasdengklok baru dua desa yang telah melaporkan usaha produktif BUMDes nya. Dan dari kedua desa tersebut usaha produktif yang dikembangkan cukup potensial untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan masyarakat desanya.

Ia juga berharap seluruh Kades dapat mengembangkan usaha produktif sesuai dengan potensi masing-masing desa. Sehingga usaha yang dikembangkan oleh BUMDes nya bisa dirasakan oleh masyarakat setempat.

"Intinya kepala desa jangan hanya mementingkan keuntungan saja, tetapi harus bisa mengembangkan usaha sesuai potensi yang ada, sehingga program dari pemerintah ini bisa berhasil," demikian Dede.(yay)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size